5 Kampung Unik Jadi Tempat Wisata Favorit di Indonesia

1. Kampung 3 Dimensi (3D)


Kampung 3D menjadi destinasi wisata baru untuk wisatawan. Kampung ini terletak di jalan Temenggungan Ledok RW 12, Kota Malang. Awalnya kota kampung tersebut dihiasi beragam mural yang keren, namun saat ini dinding-dinding yang ada di daerah tersebut semakin berwarna-warni dan terlihat sangat menarik mata. Jadi, tidak heran banyak wisatawan domestik dan mancanegara berdatangan ke kampung ini.

2. Kampoeng Cyber RT36 Taman Sari


Kampung ini membantah opini yang menyatakan bahwa orang kampung sangat minim dengan teknologi. Di sini, semua warga melek dengan teknologi. Selain itu, mereka pun memiliki akses untuk berselancar di dunia maya.

Antonius Sasongko menggagas Kampoeng Cyber ini pada tahun 2008. Usahanya tersebut membawa perubahan yang sangat besar. Meskipun warga di sini sering berselancar di dunia maya, namun interaksi sosial mereka tidak berkurang sedikit pun. Dengan kemajuan teknologi dan infrastruktur jaringannya yang mewah telah menarik turis mancanegara. Mark Zuckerberg pendiri Facebook, telah membuktikan keindahan kampung ini.

3. Kampung Inggris


Kampung yang terletak di Desa Pelem dan Tulungrejo Jawa Timur ini menjadi rujukan para pelajar Indonesia untuk belajar bahasa Inggris. Kampung Inggris ini merupakan kerja keras nyata seorang santri Kutai Kartanegara yakni Kalend Osen.

Kalend belajar bahasa Inggris dari seorang pemuka agama yang bisa menguasai lima bahasa yakni KH Ahmad Yazid di Pare. Setelah belajar, dua orang mahasiswa datang pada kalend untuk belajar. Dua orang mahasiswa tersebut berhasil dalam ujiannya. Semenjak dari situlah kampung inggris ini sering didatangi orang, baik untuk belajar maupun berwisata.

4. Kampung Teletubbies


Dusun Ngelepen di Prambanan, Sleman, Yogyakarta salah satu kampung yang diluluh lantahkan oleh Gempa pada 27 Mei 2006 silam. Gempa tersebut membuat warga tuna wisma dan mereka memutuskan untuk tinggal di kaki bukit yang tidak layak huni.

Melihat keadaan tersebut, World Association of Non-Governmental Organizations (LSM Wango) melaukan uji pembuatan rumah dome untuk merelokasi warga Ngelepen. Saat ini bangunan tersebut sudah berdiri dengan kokoh dan menyita perhatian mata, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke kampung ini.

5. Kampung Wadon


Kampung ini merupakan kampung unik yang ada di di Jati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.  Hal uniknya adalah kampung ini dihuni oleh wanita saja. Namun sayangnya penghuni di kampung ini terancam punah, karena banyak warga yang pindah.

Apalagi, kebanyakan wanita yang ada di kampung ini ialah wanita usia lanjut dan paruh baya. Kepercayaan yang dianut secara turun temurun adalah laki-laki yang telah menikah dengan wanita kampung ini akan mengalami kehidupan yang sengsara bila tidak segera pergi dari kampung itu.

Hingga pada akhirnya, para lelaki pun pindah ke tempat yang lain. Walaupun demikian, warga kampung wadon ini tetap bisa hidup berdampingan dalam damai. Mayoritas dari mereka mengandalkan penghasilan bercocok tanam di ladang untuk mempertahankan hidup.

Demikianlah beberapa kampung unik yang dijadikan tempat wisata favorit di Indonesia dan bisa menjadi refrensi untuk akhir pekan Anda nanti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kampung Unik Jadi Tempat Wisata Favorit di Indonesia"

Post a Comment