Pantai Nambung Lombok


Pulau Lombok banyak menyimpan keindahan alam yang tidak biasa. Salah satunya adalah air terjun asin yang berada di Pantai Nambung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Akan datang ke: Nambung bich." Tulisan selamat datang dengan aksen lokal ini untuk penduduk lokal untuk menunjukkan lokasi Pantai Nambung.

Hamparan pasir merica dan ombak Pantai Nambung yang tenang, seperti menyambut wisatawan di pantai ini. Pantai Nambung memiliki bibir pantai cukup luas dengan pemandangan laut lepas yang indah dan juga jajaran perbukitan yang tepat pantai.

Selain keelokan alamnya, pengunjung dapat melihat langsung deretan rumput laut yang tertata rapi di sepanjang bibir pantai. Sebab selain untuk mencari ikan, penduduk setempat memanfaatkan pantai ini sebagai tempat budidaya rumput laut.

Pantai Nambung berada di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Dari Kota Mataram, perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor selama dua jam perjalanan.


Lokasi 'air terjun' asin ini berada di ujung Pantai Nambung. Untuk dapat mencapainya, kita harus berjalan kaki menyusuri pasir dan bebatuan di pesisir Pantai Nambung.

Meski jarak tempuh ke lokasi tidak terlalu jauh. Namun pengunjung harus melewati hamparan pasir seperti butiran merica yang membuat tubuh terasa berat. Demikian juga saat melewati bebatuan, pengunjung diharapkan hati-hati karena cukup rawan.

Selain berjalan kaki, ada alternatif lain untuk bisa mencapai lokasi. Pengunjung dapat melayani orang-orang lokal untuk mencapai lokasi air terjun. Cukup merogoh kocek Rp 10.000 pengunjung bisa berperahu sambil menikmati sekeliling Pantai Nambung.

Jika pantai sedang surut, di balik tebing bebatuan di Ujung Pantai Nambung terdapat kolam alami yang terletak di tengah-tengah jajaran batu karang. Disanalah lokasi 'air terjun' asin berada.

Siang itu, puluhan wisatawan lokal berkerumun di bagian tengah kolam tampak tengah menunggu sesuatu. "Aahh ...," teriak mereka pun memecahkan ombak besar menerjang batu karang.


Buih ombak putih yang menerjang karang, membentuk aliran di antara bebatuan bangunan membentuk air terjun asin. Pemandangan inilah yang selalu ditunggu setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

Sensasi air terjun asin di Pantai Nambung ini pun kian santer diperbincangkan di dunia maya. Tidak heran, makin banyak orang yang penasaran dan ingin melihat tempat ini. Meski harus menempuh medan yang cukup berat, namun rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam yang menawan.

Para pengunjung pun rela bersabar untuk bisa menikmati udara terjun Nambung ini. Seperti Andi, salah satu pengunjung asal Mataram. Ia rela berpanas-panas demi menyaksikan air terjun asin di Pantai Nambung.

"Sudah dari sini saya tunggu muncul, tapi pas massa keren banget," kata Andi.

Saat di lokasi ini, pengunjung perlu waspada karena ombak yang berasal dari balik tebing tidak dapat diprediksi.


Menurut penduduk setempat, Pantai Nambung semakin ramai di beberapa bulan terakhir. Lebih dari mereka adalah kaum muda yang penasaran akan memanggil 'air terjun' ini.

Banyaknya pengunjung yang melakukan kegiatan ini memberikan dampak positif bagi warga lokal. Daerah yang semula sepi kini ramai dikunjungi wisatawan.

Dengan menyediakan layanan parkir di halaman rumah, masyarakat mendapat teman yang cukup. Selain itu pedagang asongan juga mulai hidup dengan Pengunjung. Hanya saja pintu masuk ke tempat ini masih belum tertata dengan baik.

Selain itu, masalah sampah masih menjadi masalah di tempat pariwisata. Belum ada sarana kebersihan seperti tong sampah. Hal itu diperparah dengan perilaku pengunjung yang kerapbuang sampah di sekitar lokasi wisata. Ini adalah hal yang harus menjadi perhatian bersama, baik pemerintah lokal maupun pengunjung.

Keajaiban Air Terjun Asin di Pantai Nambung Lombok


Air terjun itu berasal dari deburan ombak yang kencang menerjang dan melewatibebatsi udara yang menerpa batu yang seakan menjadi pondasi dari air terjun yang diberi nama Tanjung Jagog. Kita hanya perlu bersabar menanti deburan ombak yang keras tersebut. Sambil menunggu ombak yang datang kita bisa juga melihat langsung jejaring rumput laut di sepanjang bibir pantai, karena pantai nambung Lombok ini juga menjadi tempat pencemaran warga sekitar selain menjadi nelayan.

Saat pantai sedang surut nyatanya pantai nambung tidak lepas dari keindahannya. Karena di balik tebing bebatuan itu akan ada kolam alami di tengah-tengah jajaran batu karang dimana air terjun asin itu berada. Kini wisata pulau Lombok yang satu ini semakin gencar dan ramai di perbincangkan di dunia maya. Tak luput dari turis lokal atau manca Negara, mereka hanya pergi untuk menantikan air terjun asin Tanjung Jagog diPantai Nambung Lombok. Nah..jangan lupa mampir kesini ya untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa ini.

Jika pantai sedang surut, di balik tebing bebatuan di ujung pantai Nambung ada kolam alami yang terletak di tengah-tengah jajaran batu karang. Disanalah lokasi 'air terjun' asin berada. Buih ombak putih yang menerjang karang, membentuk aliran di antara bebatuan bangunan membentuk air terjun asin. Pemandangan inilah yang selalu ditunggu setiap orang yang mengunjungi tempat ini.

Sensasi air terjun asin di pantai Nambung ini pun kian santer diperbincangkan di dunia maya. Tidak heran, makin banyak orang yang penasaran dan ingin melihat tempat ini. Meski harus menempuh medan yang cukup berat, namun rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam yang menawan. Jadi, jika Anda ke Lombok, jangan lupa menyempatkan waktu terpisah untuk menikmati air terjun saat ini.

sumber : http://www.lombokgilis.com/object-wisata-lombok-gilis/206-pantai-bangko-bangko-lombok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Nambung Lombok"

Post a Comment