Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah


Candi Borobudur yang megah adalah monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan dinasti Syailendra, desain candi dari arsitektur Gupta mencerminkan pengaruh India di wilayah tersebut, namun terdapat elemen khas setempat yang dipadukan membuat Borobudur menjadi lebih khas Indonesia. Pembangunan candi ini merupakan suatu keajaiban yang menginspirasi. Setelah kunjungan di sini, Anda akan memahami mengapa tempat ini menjadi daya tarik wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dan ikon terkenal warisan budaya Indonesia.

Terletak di pulau Jawa, candi duduk anggun di puncak bukit menghadap ke ladang hijau yang subur dan bukit-bukit yang jauh. Ini mencakup wilayah yang sangat besar, berukuran 123 x 123 meter. Candi ini memiliki keajaiban desain, dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan batu candi ini tidak ada bandingannya. Dan candi ini dibangun tanpa menggunakan jenis semen atau mortar! Strukturnya seperti satu set blok saling Lego besar yang diselenggarakan bersama-sama tanpa lem apapun.

Candi ini tetap kuat bahkan sudah melewati 10 abad. Candi ini ditemukan kembali pada tahun 1815, terkubur di bawah abu vulkanik. Di tahun 1970-an Pemerintah Indonesia dan UNESCO bekerja sama untuk mengembalikan keagungan Borobudur selama delapan tahun untuk menyelesaikannya dan hari ini Borobudur adalah salah satu harta Indonesia dan dunia yang paling berharga.

Candi ini dihiasi dengan ukiran batu di relief mewakili gambar dari kehidupan Buddha. Para komentator mengklaim bahwa ini adalah ansambel terbesar dan paling lengkap dari relief Buddha di dunia, tak tertandingi dalam artistik.


Candi ini merupakan sebuah kuil untuk Sang Buddha dan tempat untuk ziarah Buddhis. Sepuluh tingkatan candi melambangkan tiga divisi sistem kosmik agama. Pengunjung memulai perjalanan mereka di dasar candi, mereka membuat jalan ke puncak monumen melalui tiga tingkat kosmologi Budha, Kamadhatu (dunia keinginan), Rupadhatu (dunia bentuk) dan Arupadhatu (dunia tak berbentuk). Pengunjung berjalan kaki ke atas monumen memandu peziarah melewati 1.460 panel relief cerita pada dinding dan langkan.

Seluruh monumen itu sendiri menyerupai stupa raksasa, namun dilihat dari atas membentuk sebuah mandala. Stupa besar di puncak candi duduk 40 meter di atas tanah. Kubah utama ini dikelilingi oleh 72 patung Buddha duduk di dalam stupa berlubang.

Sejarawan menunjukkan bahwa nama Borobudur berasal dari bahasa Sanskerta 'Vihara Buddha Uhr' atau 'biara Buddha di bukit'.


Kegiatan

Untuk pemahaman yang lebih baik atas Candi , Anda dapat mengikuti tur atau menyewa pemandu wisata berlisensi.

Ketika Anda mencapai puncak candi, meluangkan waktu untuk beristirahat dan mengagumi pemandangan. Di bagian atas Borobudur Anda akan menemukan ruang kosong yang merupakan simbol dari fakta bahwa kekosongan menandakan selesai.

Ketika Anda mengambil view sekitar lanskap gunung yang subur, merasakan angin bertiup lembut. Anda bebas untuk mengambil foto sebanyak Anda ingin mengabadikan momen.

Takhayul lokal mengatakan bahwa jika Anda naik candi ini dengan satu keinginan yang mendalam dalam pikiran Anda, mencapai tangan Anda di dalam stupa lonceng seperti di bagian atas candi, dan berhasil menyentuh figure Buddha di dalam, keinginan Anda akan terwujud.


Catatlah ukiran batu sekitar candi. Ada banyak cerita dalam menampilkan batu tersebut. Pastikan panduan Anda menceritakan beberapa cerita yang tercermin dalam batu-batu ini. Jika Anda seorang penulis atau penyair, cerita ini mungkin menginspirasi Anda.

Fitur lain yang menarik dari Borobudur adalah bukit Menorah di sebelah utara-nya. Jika Anda melihat dengan hati-hati, kontur bukit berbentuk seperti orang yang sedang tidur. Yang membuat Borobudur tampak berdiri tegak di samping "orang tidur".

Museum Samudera Raksa akan mengajarkan Anda tentang pedagang yang bepergian ke Indonesia dan Afrika di zaman kuno dan upaya modern menciptakan kembali pelayaran tersebut.

Museum Karmawibhangga merupakan sumber informasi bagi segala sesuatu tentang tempat megah ini.


Penginapan

Sebagaimana Borobudur hanya satu jam perjalanan dari Jogjakarta, banyak pengunjung memilih untuk tinggal di Jogja di mana ada berbagai macam hotel, dari tempat tidur & sarapan sederhana hingga hotel berbintang.

Bagi pengunjung yang ingin tinggal sedekat mungkin ke Candi Borobudur yang megah ada pilihan akomodasi lainnya. Berdiri tinggi di tengah-tengah Menoreh Hills dengan pemandangan dari Borobudur, Amanjiwo Hotel adalah sebuah bangunan megah dan menarik perhatian wisatawan. Terletak hanya 3 km / 2 mil ke selatan Borobudur, Amanjiwo adalah hotel mewah dimana para tamu menikmati suite eksklusif dengan kolam renang pribadi.

Makanan

Jogjakarta adalah tempat terbaik untuk pergi untuk mencicipi beberapa makanan khas lokal yang lezat. Gudeg adalah salah satunya. Hidangan ini terbuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional, kadang-kadang dengan telur dan ayam. Kulit bagian dalam sapi, dimasak sampai empuk, biasanya menyertai gudeg dengan nasi. Sebagian besar restoran tradisional di Jogjakarta menjual khusus ini.

Sekitar

Cara terbaik untuk menjelajahi situs ini adalah dengan berjalan kaki. Ketika Anda naik ke puncak candi megah ini Anda akan mengagumi ukiran batu detail yang rumit ditampilkan di candi dinding. Anda pasti akan kehilangan pengalaman hebat jika Anda mengunjungi candi besar ini tanpa belajar tentang sejarah dan arti pentingnya yang ditangkap pada banyak reliefnya.

Panduan tersedia  sekitar Rp 50 ribu. Ini adalah investasi yang bijaksana sebagai panduan akan dapat memandu Anda di sekitar lokasi dan menjelaskan sejarah candi, dimulai dengan konstruksi selama dinasti Syailendra. Ukiran batu yang menempel pada legenda layar kuil dan cerita yang memiliki makna filosofis yang besar.

Bagi pengunjung dengan anak-anak, jangan lewatkan daerah rumput hijau besar sekitar lokasi Borobudur.

Anda dapat memilih untuk berjalan melalui Green Park dari pintu masuk. Banyak vendor akan menawarkan souvenir dan pernak pernik lainnya saat Anda berjalan melalui daerah ini.

sumber : www.pedomanwisata.com/indonesia/jawa-tengah/candi-borobudur-di-magelang-jawa-tengah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah"

Post a Comment