Air Terjun Sekeper - Lombok Utara


Artikel ini saya dedikasikan untuk teman-teman pecinta trekking semi ekstrim. bagi teman-teman yang hanya menyukai fun trekking gak apa-apa lah ikutan nyimak. bagi yang memang seneng banget sama yang namanya semi ke ekstrim trekking dan adventure tentunya wajib membaca artikel ini sampai akhir. Pernahkah anda mendengar tentang air terjun sekeper? Rekor air terjun tertinggi di lombok dipegang oleh air terjun ini.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa air terjun yang terletak di dusun waker, desa santong kecamatan kayangan kabupaten lombok utara ini memiliki ketinggian sampai 113 meter ( hasil pengukuran Mapala FKIP Unram ). Wow.. berbeda jauh dengan tinggi kebanyakan air terjun di lombok yang rata-rata hanya memiliki ketinggian dua puluh sampai empat puluh meter saja.

Butuh sekitar empat jam perjalanan untuk bisa menginjakkan kaki di air terjun sekeper ini jika kita berangkat dari arah mataram menggunakan sepeda motor. Melewati rute mataram – pusuk – santong akan memakan waktu sekitar dua jam. anda bisa memarkir kendaraan anda di depan gerbang masuk tiu teja tentunya setelah anda membayar tiket masuk yang tergolong murah sebesar Rp. 3000/orang dan retribusi parkir sejumlah Rp. 5.000/ kendaraan di gerbang utama.


setelah memastikan kendaraan anda dalam keadaan aman, maka inilah saatnya menyiapkan diri untuk memulai petualangan. hiyaat!! Di awal perjalanan kita akan melewati hutan yang banyak ditumbuhi kopi liar, kebun kakao, bahkan strawberry pun ada brothers.. untuk catatan saja ya, strawberry hanya bisa anda temukan jika anda beruntung . so.. jangan berharap banyak! kita juga akan menemukan sebuah jembatan kayu tua yang sudah lapuk. untuk alasan keamanan, saya tidak menganjurkan anda untuk berjalan diatasnya. saya lebih menyarankan sobat untuk berjalan melintasi sungai lewat bawah jembatan elanjutnya setelah sampai di check point pertama kita akan menemukan “Bunut Ngengkang”. kata bunut adalah bahasa sasak yang artinya beringin dan kata ngengkang dalam bahasa indonesia berarti ngangkang.

jadi bisa diartikan sebagai bunut ngangkang. Bunut ngengkang ini bentuknya memang seperti sedang ngangkang, terbentuk dari dua pohon beringin yang menjulang tinggi yang kemudian kedua ujungnya bergabung menjadi satu. wah.. ini adalah spot wajib untuk pencitraan diri *you know what i mean lah.. Setelah melewati check point pertama tadi, jalan akan terus menanjak, ritme nafas dan langkah pun harus dijaga agar stamina tetap terjaga. karena selama perjalanan kita akan menerobos rimba, menjejakkan ribuan langkah kaki di atas jalan setapak yang sangat sempit, terjal, dan tentunya licin.


tetaplah waspada dan hati-hati karena di samping kanan anda adalah jurang yang siap mengakhiri kisah anda. haha.. Anda juga perlu mewaspadai sebuah tanaman liar bernama jelateng. bagian yang berbahaya dari jelateng ini adalah daunnya yang bisa membuat kulit menjadi gatal dan terbakar selama dua hari. jadi, sebisa mungkin untuk menghindari kontak dari dedaunan di sepanjang rute. Ketika perjuangan telah berakhir, saatnya memanjakan mata kita dengan panorama yang wow banget. disana ada aliran sungai yang airnya jernih banget, gak ada sampah sedikitpun. airnya pun super duper dingin dan menyegarkan. Letih dua jam jalan kaki dijamin hilang seketika.

sumber : http://www.lombokgilis.com/object-wisata-lombok-gilis/278-air-terjun-sekeper-lombok-utara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Sekeper - Lombok Utara"

Post a Comment