7 Tempat Wisata Unik di Bandung

Kamu dari luar kota dan berencana main ke Bandung? Atau warga Bandung yang ingin pergi berakhir pekan tapi pusing ingin pergi ke tempat wisata mana? Mungkin mall bagi kamu sudah bosan dan ingin mencoba hal yang baru.

Nahh, ini saya kasih rekomendasi tempat wisata yang unik, murah dan sedang hits di Bandung. Tak perlu merogoh kocek yang dalam karena untuk masuk ke tempat wisata ini sangat murah dan terjangkau. Tempat bagus dan menyenangkan tak perlu mahal, biaya yang minim pun bisa kita tukar dengan lokasi yang dekat, pemandangan yang indah, spot yang unik untuk berfoto dan cocok untuk dipajang di sosial media milik kamu kawan. Penasaran apa aja sih tempat wisata itu? Okee, let’s check this out!


1. Tebing Keraton/Tebing Karaton

Seperti namanya tempat ini merupakan sebuah tebing yang curam dengan pemandangan hutan hijau khususnya Taman Hutan Raya Juanda/Dago Pakar. Di atas tebing terdapat bebatuan besar hasil buatan alam berjuta-juta tahun yang lalu. Waktu yang tepat saat berkunjung kesini adalah saat sunrise (matahari terbit) atau saat sunset (matahari tenggelam), tapi, buat kamu yang ingin datang ke tempat ini pada waktu tersebut nampaknya harus sedikit mengantre karena banyaknya orang yang kesana pada waktu tersebut untuk mengambil moment terbaik.

Yang membuatnya unik adalah jika kamu berfoto disini maka akan seperti berada di atas langit dengan dibawahnya hutan yang terlihat seperti hamparan rumput yang indah layaknya sebuah permadani hijau yang membentang.



2. Stone Garden

Seperti namanya stone garden, taman ini tak dipenuhi bunga-bunga yang indah seperti mawar, tulip, bunga matahari atau bunga-bunga indah lainnya. Hamparan tanah itu diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam yang sangat keren, dan sangat cocok untuk selfie dan berfoto disini agar kekinian. Hihii

Di kawasan Stone Garden ini terdapat batu-batu yang tersusun secara acak dan unik, Batu itu mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan batuan dengan cetakan karang, kerang laut, atau fosil tumbuhan laut, dahulu berjuta-juta tahun yang lalu tempat ini adalah dasar lautan dan karena keadaan alam yang menjadikannya terangkat dan menjadi pegunungan yang indah saat ini.



3. Hutan Pinus Bukit Moko

Bukit Moko/Moko Island adalah kawasan perbukitan diatas Kota Bandung yang terdapat hutan pinus dengan susunan yang unik dan indah. Jika dilihat dan berfoto disini dengan spot yang tepat maka mirip dengan hutan yang ada di Nami Island Korea Selatan (tempat syuting film drama Korea, Winter Sonata).

Tak hanya hutan pinus, namun di kawasan ini terdapat warung/kedai dengan pemandangan bukit hijau dan Kota Bandung yang terlihat dari atas bukit. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia fotografi. Jika malam hari maka akan terlihat pemandangan citylightyang indah dan cantik.



4. Bukit Tunggul

Nama lengkap dari tempat ini adalah Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul. Sesuai namanya di tempat ini banyak terdapat pohon kina dan tak jauh dari tempat wisata ini juga terdapat pabrik pengolahan kina. Bukit Tunggul ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII).

Di Bukit Tunggul ini tersedia beberapa wahana dan fasilitas yang bisa kita nikmati seperti wisata kebun kina, wisata outbound & camping ground, flying fox, Situ Sangkuriang, Curug Batu Sangkar, masjid, warung, toilet dan beberapa fasilitas umum lainnya.



5. Curug Malela

Curug Malela/Air Terjun Malela adalah merupakan sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Bandung Barat dan dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kab. Bandung Barat. Curug (bahasa sunda dari air terjun) ini adalah merupakan air terjun tertinggi dan sekaligus terbesar di Bandung. Curug Malela merupakan air terjuan paling atas dari rangkaian tujuah air terjun sepanjang 1 Km. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, curug Palisir dan terakhir Curug Pameungpeuk. Semua curug ini terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Hulu sungai pada air terjun ini berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati berjuta-juta tahun lalu dan mengalir melalui Sungai Cidadap–Gununghalu. Ketinggian air terjun ini berkisar 60-70 meter, dengan lima jalur air terjun yang letaknya tak terlalu jauh.



6. Situs Batu Kerajaan Kendan

Nama Kendan berasal dari kata Kenan yang memiliki makna sejenis batu cadas, berongga dan didalamnya mengandung kaca yang berwarna hitam. Batuan ini jika dilihat mirip batu onyx yang sering digunakan untuk mata cincin dan dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Batu ini juga akan tampak kemilauan saat tersorot oleh sinar matahari. Memiliki permukaan yang sangat kasar dan tajam.

Menurut versi lain, nama Kendan berasal dari kata kanda yang mendapat akhiran -an, yaitu sebuah sistem religi tradisonal yang menganut paham monoteisme (hyang tunggal) yang dikembangkan oleh Praburesiguru Manikmaya pada abad ke-6 sebagai norma kehidupan beragama jauh sebelum Islam masuk ke Tatar Sunda sekitar abad ke 16. Salah satu kegiatan ritual keagamaannya berbentuk pasaduan yang dilakukan di seputar kabuyutan. Dan di dalam kabuyutan tersebut biasanya ditandai dengan bangunan punden berundak.(Dikutip dari Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Kab. Bandung).



7. Curug Cimahi/Curug Pelangi
  •  Dulu orang mengenal tempat ini sebagai Curug Cimahi. Tapi kini tempat ini berinovasi dengan menambahkan lampu yang dipasang dibelakang air terjun sehingga pada malam hari air terjun ini akan memancarkan warna seperti warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu layaknya pelangi yang berwarna-warni.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tempat Wisata Unik di Bandung"

Post a Comment